Wali Kota Tangsel Bermotor Tanpa Helm

Gosipcetar – Usai viralnya kasus Adi Saputra (20), pria yang rusak sepeda motor karena menolak ditilang polisi di depan Pasar Modern BSD, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel). Kini, masyarakat dihebohkan foto Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany berkendara sepeda motor tanpa helm.

Foto-foto itu beredar luas di media sosial hingga menuai kontroversi warganet. Kebanyakan mereka, mengkritisi perilaku Airin dan membandingkannya dengan perbuatan Adi Saputra.

Bedanya, Adi Saputra yang berprofesi sebagai penjual kopi itu langsung ditilang karena melanggar ketertiban berlalu lintas, tak mengenakan helm, melawan arus, serta tak membawa surat kendaraan. Sedangkan Airin, seolah “kebal hukum”.

“Sebagai pejabat publik, seharusnya Wali Kota Airin memberikan contoh baik bagi masyarakat,” ujar Abdul Hamim Jauzie, Ketua LBH Keadilan kepada Okezone, Senin (11/2/2019).

Baca juga: Cabut Remisi Pembunuh Wartawan, Jokowi: Ini Menyangkut Rasa Keadilan

LBH Keadilan mendesak kepolisian agar berani memberi teguran kepada wali kota asal Golkar itu, atau bahkan menilangnya karena tak tertib dalam berlalu lintas. Hal demikian penting, agar masyarakat luas tak menganggap penerapan hukum “tebang pilih”.

“Hal ini agar tidak ada kesan, hukum hanya berlaku bagi wong cilik, tajam ke bawah dan tumpul ke atas seperti pisau,” ujarnya.

Untuk menjaga citra baik pemerintah di hadapan masyarakat, dilanjutkannya, maka sebaiknya Airin berani meminta maaf atas kelalaian tak mengenakan helm. Sehinggam semua pihak menyadari bahwa tertib berlalu lintas menjadi kewajiban seluruh warga negara, tanpa terkecuali.

“LBH Keadilan menyarankan agar Airin meminta maaf secara terbuka, atau bila perlu mendatangi Polres Tangsel meminta agar ditilang. Jika langkah itu dilakukan, publik akan mengapresiasi dan tentu tidak menjatuhkan wibawanya sebagai pejabat publik,” tutur Hamim.

Foto-foto itu diketahui diambil saat Wali Kota Airin sedang mengecek keluhan warga di wilayah Benda Baru, Pamulang. Di mana, saluran air, masalah sampah, dan turap sungai menjadi persoalan di lokasi tersebut.

Airin ketika itu mengurungkan niatnya untuk melanjutkan menghadiri kegiatan lain di wilayah Ciputat, dan langsung bergegas turun dari mobil dan menumpang kendaraan sepeda motor matik menuju lokasi. Sayangnya, Airin cuek meski tak mengenakan helm. Padahal, kegiatan itu dilakukan di keramaian publik.

Baca juga: KPU Sosialisasi Pemilu ke WNI di Tanzania

Salah satu akun Instagram mem-posting pemberitaan terkait Sidak Wali Kota Airin. Namun rupanya, warganet justru lebih banyak mengomentari tentang istri dari Tubagus Chaeri Wardana itu yang tak menggunakan helm saat menumpangi sepeda motor.

“Pantes warganya ditilang gk terima,,, ibu Walkot nya aja gk pake helm min,” komentar testy_foto_repost, sebagaimana dikutip dari postingan akun Instagram aboutng.

“Kok ga ditilang yg ini?,” timpal ocho_santoso89

“kalo ada polisi kena tilang apa nggak itu ya,, apa ada pemakluman..,” ucap aday_pradiptawg.