Krayan Selatan Kini Bisa Menikmati Aliran Listrik

Berita gosip – Komitmen PLN untuk menerangi daerah Tertinggal, Perbatasan dan Terluar (3T) diwujudkan dalam bentuk kerja waktu nyata yang diarahkan oleh negara-negara kepulauan ke bagian-bagian terpencil negara itu. Meskipun banyak kendala, PLN berhasil mendistribusikan listrik ke 332 pelanggan, sekarang Krayan adalah 100% listrik.

Hal ini tentu saja membuat masyarakat Krayan Selatan senang, daerah yang berbatasan langsung dengan Sarawak di Malaysia di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, akhirnya bisa menikmati listrik.

Peresmian ditandai dengan peluncuran salah satu meter kWh warga oleh Direktur Bisnis Regional Kalimantan Machnizon Masri pada hari Kamis 11 April 2019. Peresmian ini juga dihadiri oleh Camat Krayan Selatan dan Kepala Desa Adat di Kalimantan Tengah. . Krayan.

Listrik untuk Krayan Selatan dipasok oleh empat generator diesel yang berfungsi memasok dua desa, yaitu 2×63 kVa untuk Long Layu dan desa 2×32 kVa untuk desa Pa ‘Upan. Sekarang, sebanyak 332 penduduk di sana telah menikmati listrik PLN.

Machnizon mengatakan bahwa listrik Krayan Selatan tidak mudah. Karena aksesnya sangat sulit, itu hanya dapat dicapai dengan pesawat terbang dengan penerbangan perintis. Selain itu, jadwal penerbangan ke Krayan Selatan seringkali sulit diprediksi kapan operasi akan berlangsung.

“Kami mengirim bahan-bahan listrik melalui udara secara bertahap hingga lima kali transportasi. Kami telah melakukan kegiatan pengiriman dan persiapan sejak awal April, dan Alhamdulilah sekarang listrik telah dihidupkan untuk warga Krayan Selatan,” jelas Machnizon, dalam sebuah pernyataan pada Minggu (14/4/2019).

Baca juga: Pria yang Panjat Cerobong Pabrik Sembari Teriak Nama Jokowi dan Nekat Loncat

Listrik untuk Desa Long Layu dan Pa ‘Upah di Krayan Selatan terhubung ke penduduk melalui jaringan tegangan rendah 4.100 meter dan kabel sambungan rumah 1.750 meter.

“Membuat listrik PLN di Krayan Selatan praktis membuat kualitas hidup masyarakat meningkat. Fasilitas umum seperti sekolah, pusat kesehatan, kantor kecamatan, polisi dan lainnya sekarang dapat melayani warga dengan lebih baik dan membuat ekonomi di sana lebih hidup,” tambah Machnizon.

Mewakili warga Desa Krayan Selatan, Lewi Gaya Paru sebagai Ketua Masyarakat Adat Agung Krayan Selatan, mengatakan bahwa ia bersyukur atas upaya PLN untuk melistriki daerah tersebut. Terutama sebelum pesta demokrasi pada 17 April, listrik akan sangat membantu kelancaran kegiatan pemungutan suara di sana.

“Terima kasih kepada pemerintah, PLN, dan semua pihak yang terlibat dalam upaya untuk menerangi desa kami. Dengan listrik yang menyala, penduduk dapat bergerak dengan lebih nyaman, dan kami dapat membuat proses pemilihan yang lebih baik dengan listrik yang sudah berjalan,” kata Levi.

Untuk warga Krayan Selatan, Machnizon menyarankan untuk bersama-sama memelihara dan memelihara infrastruktur listrik yang ada. Dia juga meyakinkan semua pihak bahwa PLN akan selalu menjaga pembangunan infrastruktur listrik, terutama di daerah 3T.

“Sejalan dengan visi PLN untuk meningkatkan standar kehidupan masyarakat melalui pembangunan infrastruktur listrik, kami akan melakukan yang terbaik untuk menerangi area yang belum dialiri listrik, terutama di area 3T. Semoga apa yang telah kami lakukan untuk Krayan Selatan bermanfaat dan bisa dipertahankan bersama untuk kebaikan kita semua, “pungkasnya.