KPU Sosialisasi Pemilu ke WNI di Tanzania

KPU melakukan sosialisasi pemilu

Gosipcetar – KPU melakukan sosialisasi pemilu kepada Warga Negara Indonesia (WNI) di Dar es Salaam, Tanzania. KPU mengatakan pemilu sebagai salah satu bentuk pengakuan negara terhadap warganya yang berada di luar negeri.

“Pemilu merupakan bukti pengakuan atas keberadaan seorang WNI meskipun sedang berada di luar negeri, salah satunya dengan diberikan hak pilih,” ujar komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Minggu (10/2/2019).

Sosialisasi ini dilakukan KPU melalui bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar RI di Dar es Salaam. Selain itu, pada kesempatan yang sama KPU juga membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di kawasan Afrika.

Kegiatan ini diikuti oleh PPLN dari 11 perwakilan RI di Afrika, diantaranya Antananarivo, Abuja, Addis Ababa, Pretoria, Cape Town, Dakar, Windhoek, Harare, Maputo, Nairobi, dan Dar es Salaam. Bimtek ini dijadwalkan akan dilakukan selama empat hari, terhitung sejak tanggal 9 hingga 12 Februari 2019.

Baca juga : Cabut Remisi Pembunuh Wartawan, Jokowi: Ini Menyangkut Rasa Keadilan

Dalam kegiatan tersebut KPU menyampaikan paparan terkait persiapan penyelenggaraan pemilu kepada masyarakat. Serta terkait hal-hal yang perlu diperhatikan WNI di Dar es Salaam dalam menggunakan hak pilihnya.

Pembukaan bimtek ini juga dilakukan bersama Duta Besar RI Dar es Salaam, Ratlan Pardede. Dia berharap pemilu 2019 dapat berjalan dengan sukses, jujur dan adil.

“Ini adalah tugas bersama, bukan hanya tugas KPU, untuk mensukseskan Pemilu 2019 untuk menjadi LUBER dan JURDIL,” ujar Ratlan.

 

KPU Sosialisasi Pemilu ke WNI di Tanzania

Agen Bola