Kominfo Sudah Pulihkan Akses Media Sosial

Berita gosip – Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) pada Sabtu (25/5/2019) pukul 13.00 WIB telah menormalkan pembatasan pada beberapa platform media sosial dan fitur pesan instan. Kini Kominfo sudah pulihkan akses media sosial di seluruh Indonesia.

Berdasarkan informasi resmi melalui Plt. Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Komunikasi dan Informasi, Ferdinandus Setu, menormalkan atau memulihkan fungsi pengiriman gambar, foto, dan fitur video karena situasi yang kondusif.

“Situasi setelah kerusuhan itu kondusif sehingga pembatasan akses ke fitur video dan gambar di media sosial dan pesan instan diaktifkan kembali,” jelas Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara.

Baca juga: Ririn Ekawati Kenang Mendiang Suami

Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara mengajak semua warga untuk selalu menjaga dunia maya dan digunakan untuk kegiatan positif. “Saya mengundang semua orang yang menggunakan media sosial, pesan instan, dan berbagi file video untuk selalu melindungi dunia maya Indonesia. Digunakan untuk hal-hal positif,” kata Rudiantara.

Menteri Komunikasi dan Informasi juga mengundang Warganet Indonesia untuk memerangi kebohongan, kebencian, dan provokasi. “Mari kita berjuang melawan penipuan, fitnah, memancing informasi seperti banyak beredar selama kerusuhan,” kata Rudiantara.

Setelah Kominfo sudah pulihkan akses media sosial di Indonesia. Semua warga Indonesia sudah dapat mengakses seluruh sosial media yang ada. Tidak perlu memaksakan lagi dengan menggunakan VPN.

Kementerian Komunikasi dan Informasi mendorong orang untuk melaporkan melalui konten akun aduankonten.id atau Twitter jika mereka mengidentifikasi keberadaan konten di situs atau media sosial mengenai kekerasan atau kerusuhan di Jakarta.

Kominfo mendesak pengguna ponsel atau gadget dan perangkat lain untuk segera mencopot aplikasi jaringan pribadi (virtual) untuk menghindari risiko pemantauan, pengumpulan, dan pembajakan data pribadi pengguna.