Dengan Tips dan 6 Bahan Ini, Membasmi Komedo Nggak Perlu Pakai Pencet-pencet Lagi

Berita Gosip – Kita sering berpikir bahwa hanya jerawat yang bisa mengatasi kecantikan wajah. Ternyata ada lebih banyak hal yang tidak hilang. Ya, komedo.

Komedo ini biasanya ada di permukaan kecelakaan Anda. Ada yang putih, ada yang hitam atau yang biasa disebut komedo. Meskipun lebih kecil dari jerawat, komedo ini cukup sulit dihilangkan. Selain itu, “remuk” di antara pori-pori kulit.

Tidak heran, ada begitu banyak produk kecantikan yang dibuat khusus untuk menghilangkan komedo. Sayangnya, produk ini mengandung bahan kimia yang dapat memiliki efek samping pada wajah kita. Selain itu, produk ini tidak terlalu efektif dalam membasmi komedo. Sementara biaya yang kami keluarkan untuk membeli tidak sedikit. Lalu, bagaimana cara menghilangkan komedo yang aman? Nih, Hipwee kasih tahu caranya.

Pertama, wajahmu harus dibersihkan terlebih dahulu

Sudah tahu? Bukankah itu karena komedo ada karena akumulasi kotoran, debu, dan minyak di pori-pori kulit? Sekarang, coba bayangkan, bagaimana Anda bisa menghilangkan komedo jika wajah Anda masih kotor. Tidak hanya sulit, peran saya juga bisa lebih banyak.

Untuk itu, wajah Anda harus selalu dibersihkan terlebih dahulu. Tidak ada pembersih khusus, Anda hanya perlu menggunakan pembersih yang digunakan setiap hari. Anda tidak perlu menyeka sisa air di wajah Anda, biarkan menyerap sehingga kulit Anda tetap lembab.

Uapkan wajahmu dengan air panas supaya pori-porinya “terbuka”

Setelah dibersihkan, buka pori-pori kulit wajah Anda dengan teknik penguapan. Caranya, rebus air dalam wajan hingga mendidih. Kemudian, tuangkan ke dalam baskom atau ember kecil. Letakkan wajah Anda ± 20 cm dari bibir baskom. Biarkan wajah Anda terkena uap hangat dari air mendidih selama sekitar 5 menit.

Menghilangkan komedo itu ada banyak caranya. Ini beberapa di antaranya yang bisa kamu coba:

Cara untuk menghilangkan komedo itu ada banyak. Kalau ingin cepat, kamu bisa menggunakan pore strips siap pakai atau produk kecantikan kimiawi lainnya. Tapi, Hipwee sarankan kamu menggunakan bahan-bahan alami saja. Memang agak sedikit lebih lama hasilnya, tapi lebih aman dan murah karena bisa dibuat sendiri.

1. Gosok bagian hidung yang berkomedo dengan menggunakan sikat gigi dan pasta gigi

Kata siapa pasta dan sikat gigi cuma bisa untuk membersihkan gigimu saja? Dua barang ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat komedo di hidungmu itu pergi jauh-jauh.

Caranya mudah:

  • Oleskan pasta gigi ke atas sikat gigi. Jumlahnya, sesuaikan dengan panjang bulu sikat gigimu saja.
  • Basahkan wajahmu, terutama bagian hidung, dan basahkan sikat gigi tersebut.
  • Gosokkan perlahan sikat gigi tersebut ke bagian hidung yang memiliki komedo, sampai kamu merasa bersih.
  • Bilas dengan air dingin untuk sensasi segar dan menutup pori-pori.
  • Lakukan setiap 1 minggu sekali.

Kamu bisa menggunakan sikat gigimu sehari-hari. Setelah digunakan, rendam sikat gigi tersebut ke dalam segelas air panas untuk menghilangkan bakteri. Tapi, Hipwee menyarankan lebih baik kamu punya sikat gigi khusus yang memiliki bulu halus, seperti sikat gigi untuk anak-anak.

2. Campur air jeruk nipis dengan garam untuk komedo yang membandel

Jeruk nipis dan garam. Keduanya pasti selalu ada ‘kan di dapur rumahmu? Ternyata, keduanya nggak hanya bisa menyedapkan makananmu saja, lho. Tetapi juga bisa membuat kabur komedo yang membandel.

Caranya:

  • Peras 2 buah jeruk nipis. Masukkan airnya ke dalam gelas atau mangkuk kecil.
  • Campur air jeruk nipis dengan 2-3 sendok teh garam. Nggak perlu diaduk.
  • Ambil sedikit campuran tersebut, kira-kira sebanyak 2 ujung ruas jari tanganmu.
  • Usapkan ke bagian hidung yang memiliki komedo. Gosok-gosok sebentar saja dan secara perlahan. Lalu, biarkan mengering; kira-kira 8-10 menit.
  • Bilas dengan air dingin.

Mudah, ‘kan? Supaya hasilnya lebih maksimal, ulangi setiap 1-2 kali ya dalam seminggu.

3. Maskeran dengan putih telur juga bisa mengangkat komedomu

Telurnya enak untuk digoreng lalu dimakan dengan nasi hangat. Tapi, telur itu ternyata juga baik, Anda menjadikannya topeng. Kulit menjadi kencang, komedo juga bisa hilang. Apakah baunya amis? Tenang, hanya putih yang digunakan, kok bisa.

Siapkan 1 butir telur, ambil putihnya saja. Kocok sebentar sehingga putih telur menjadi sedikit lunak. Oleskan putih telur ke seluruh wajah secara merata. Di hidung, letakkan ½ lembar kapas; tekan sampai lengket. Setelah 15 menit, tarik kapas dengan cepat dan bilas wajah Anda dengan air dingin.

Wajah Anda langsung terasa kencang dan bersih. Terjamin! Hehehe 😀

4. Campuran air jeruk lemon dan baking soda nggak kalah ampuh membuat komedo menjauh

Sebenarnya, campuran ini nggak jauh berbeda dengan campuran air jeruk nipis dan garam. Hanya saja, baking soda dinilai lebih ampuh mengangkat komedo dan air jeruk lemon juga bisa mencerahkan kulit wajahmu.

Cara membuat dan menggunakannya juga serupa:

  • Peras 1 buah jeruk lemon. Tuang airnya ke dalam gelas atau mangkuk kecil.
  • Beri 1 sendok teh baking soda ke dalam air jeruk lemon. Kamu nggak perlu mengaduknya.
  • Ambil campuran sebanyak 2 ujung ruas jari tanganmu, usap dan gosokkan perlahan pada hidungmu. Gosok sebanyak 3-5 kali saja.
  • Biarkan campuran tersebut mengering, kira-kira selama 8 menit.
  • Bilas wajahmu dengan air dingin.

Baking soda bisa membuat kulitmu kering. Untuk itu, aplikasikan campuran ini cukup 1 kali saja setiap minggunya. Setelahnya, kamu juga sebaiknya mengoleskan moisturizer supaya wajahmu tetap lembab.

5. Buat pore strips-mu sendiri dari madu, susu, dan kapas

Kalau bisa memakainya, pore strips memang diakui ampuh untuk mengangkat komedo dengan cepat. Produk yang siap pakai pun sudah banyak dijual. Sayangnya, harganya cukup mahal. Jadi, lebih baik kamu buat saja pore strips-mu sendiri dengan bahan yang alami.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 1 sendok makan madu murni
  • 1 sendok teh susu putih cair
  • 1 lembar kapas, ambil bagian atasnya saja

Cara membuat dan menggunakannya:

  • Campur madu dan susu dalam 1 buah panci kecil atau wajan anti lengket. Panaskan selama 10 detik. Tuang ke dalam mangkuk kecil dan biarkan suhunya turun.
  • Oleskan tipis campuran tersebut ke atas hidungmu.
  • Letakkan kapas ke atas olesan tersebut. Tekan sampai merekat dan tunggu selama 15-20 menit.
  • Tarik kapas dengan cepat dan bilas hidungmu dengan air dingin.

Susu dan madu ini nggak hanya bisa mengangkat komedomu saja, tetapi juga membuat kulitmu lebih halus. Dobel deh khasiatnya.

6. Usapkan air jeruk lemon 4 kali dalam seminggu supaya komedo nggak lagi hinggap di hidungmu

Setelah dibersihkan, Anda juga perlu melakukan “aksi” untuk mencegah komedo datang lagi. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan menggosokkan jus lemon secara teratur pada permukaan hidung Anda sebelum tidur. Tidak perlu setiap hari, cukup 4 kali seminggu sudah cukup. Dan jika dilakukan secara rutin, komedo tidak akan berani mendarat di hidung Anda lagi

 

Gosokkan perlahan 1 buah es batu ke atas hidungmu untuk menutup pori-porinya

Nah, langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah mengoleskan 1 potong es ke hidung Anda. Langkah ini bertujuan untuk memberikan kesegaran, kelembaban, dan tentu saja membantu menutup pori-pori hidung Anda. Segar, lurus, pasti!

Menghilangkan komedo tidak harus selalu dengan bahan kimia atau hanya memerasnya ‘kan? Dengan cara alami dan ketekunan, komedo pasti tidak akan datang lagi. Semoga berhasil!