Demokrat Berpeluang Gabung ke Tim Jokowi

Berita gosip – Spekulasi tentang bergabungnya Partai Demokrat ke Koalisi Kerja Indonesia (KIK) atau kubu pemerintah semakin meningkat setelah elitnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu dengan Presiden Jokowi dan Ketua Umum PDI Megawati Soekarnoputri. Kini Demokrat berpeluang gabung ke tim Jokowi setelah dicurangi koalisinya.

Menurut pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komaruddin, wajar saja jika partai berlogo Twelve Stars bergabung dengan kubu pemerintah. Karena koalisi dengan kubu Prabowo-Sandi justru merugikan Partai Demokrat.

“Wajar jika Demokrat ingin mendekati kubu Jokowi-MA. Karena Demokrat berkoalisi dengan kubu 02, banyak yang membahayakan Demokrat,” kata Ujang kepada Okezone, Sabtu (8/8/2019).

Baca juga: Pemudik Diminta Waspadai Jalan Berlubang

Ujang berpendapat bahwa salah satu kerugian Demokrat dalam koalisi dengan partai Prabowo adalah jatuhnya suara partai dalam Pemilu Legislatif 2019 (Pileg).

Kabar mengenai Demokrat berpeluang gabung ke tim Jokowi memang benar. Hal itu pun semakin dekatnnya hubungi Jokowi dengan ketua partai Demokrat yaitu Susilo Bambang Yudhoyono.

“Salah satu kelemahannya adalah bahwa Demokrat di Pileg dikalahkan oleh PKS, PKB dan Nasdem,” katanya.

Karena itu, lanjut Ujang, hanya ada dua pilihan bagi Demokrat, yaitu bergabung dengan kubu Jokowi atau “bermain” di tengah.

“Mustahil bagi Demokrat berada di fraksi 02 karena koalisi 02 secara de facto telah bubar dan Demokrat juga merasa tidak nyaman,” jelasnya.