Anies Minta Penertiban Penjualan Hewan Kurban di Pinggir Jalan

Berita gosip – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menginstruksikan kepada Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin untuk menertibkan penjualan hewan kurban di pinggir jalan. Sehingga tidak mengganggu aktivitas pejalan kaki yang melintas.

Kebijakan itu tertuang dalam Instruksi Gubernur Nomor 46 Tahun 2019 tentang Pengendalian Penampungan dan Pemotongan Hewan Dalam Rangka Idul Adha 2019/1440 Hijriah yang ditetapkan pada 12 Juni 2019 lalu.

“Agar melaksanakan penertiban lokasi penampungan dan penjualan hewan kurban tidak resmi,” tulis Anies dalam surat itu yang dikutip Okezone, Kamis (25/7/2019).

Anies mengatakan, dengan adanya larangan penjualan hewan kurban di pinggir jalan, maka ia memerintahkan kepada seluruh wali kota dan bupati Kepulauan Seribu untuk mengatur tata ruang penjualan hewan kurban secara resmi.

“Memfasilitasi penetapan lokasi penampungan dan penjualan hewan kurban di luar jalur hijau, taman kota, trotoar dan fasilitas umum serta menginformasikan lokasi tersebut kepada Dinas Komunikasi, lnformatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta,” tuturnya.

Baca juga: Kim Jong-un Minta Uang Rakyat Untuk Rawat Jenazah Kakeknya

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu meminta kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni untuk melaksanakan supervisi dan koordinasi pengawasan pemeriksaan kesehatan hewan di tempat penampungan sementara hewan kurban dan pemeriksaan kesehatan daging kurban.

Ia juga mengimbau Dinas KPKP untuk melaksanakan sosialisasi tata cara memilih dan memotong hewan kurban sesuai syariat Islam dan kesejahteraan hewan. Lalu, mengoordinasikan pelaksanaan pemeriksaan kesehatan hewan sebelum disembelih dan setelahnya di luar Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

“Berkoordinasi dengan PD Dharma Jaya dalam menyiapkan lokasi RPH Cakung dan RPH Pulogadung untuk kegiatan penampungan, penjualan dan pemotongan hewan kurban dan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta tentang teknis pelaksanaan pemotongan hewan kurban di sekolah-sekolah,” kata Anies.

Adapun untuk tugas Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual DKI Jakarta, Hendra Hidayat ialah mengoordinasikan dan memfasilitasi dalam bentuk sosialisasi mengenai tata cara pemotongan hewan kurban yang baik dan benar sesuai syariat Islam.