8 Tips Mudah Mengatasi Mata Lelah Setelah Seharian Kerja di Depan Komputer

Berita Gosip – Leher kaku dan mata lelah setelah kelamaan memelototi layar komputer sudah menjadi makanan sehari-hari bagi kebanyakan pekerja kantoran. Bukan hanya bikin tidak nyaman, lama-lama keluhan kesehatan ini juga dapat menyebabkan produktivitas kerja merosot tajam. Nah, berikut adalah beberapa tips mudah yang Anda dapat lakukan untuk mengatasi mata merah dan berbagai keluhan fisik lainnya akibat seharian di depan komputer.

Tips mengatasi mata lelah akibat seharian kerja di depan komputer

1. Rutin cek mata

Pemeriksaan mata rutin pada dokter mata adalah langkah pertama untuk mencegah dan mengatasi mata merah karena hari nongkrong di depan layar komputer. Menurut Institut Nasional Keselamatan dan Kesehatan Kerja (NIOSH), orang harus terlebih dahulu menjalani pemeriksaan mata sebelum mulai bekerja dengan komputer, dan kemudian rutin setahun sekali sesudahnya.

2. Sesuaikan pencahayaan yang sesuai

Mata yang lelah sering disebabkan oleh cahaya yang terlalu terang, baik dari sinar matahari di luar ruangan yang masuk melalui jendela atau dari pencahayaan ruang kantor yang berlebihan. Akibatnya, Anda harus selalu meringis mata saat bekerja. Jika mungkin cat dinding kamar Anda dalam warna yang lebih gelap dengan finishing matte.

Kurangi cahaya dari luar dengan menutup tirai, dan kurangi pencahayaan interior dengan menggunakan lebih sedikit lampu, atau gunakan lampu intensitas rendah. Jika memungkinkan, posisikan layar komputer Anda di sebelah jendela, bukan di depan atau di belakangnya.

3. Sesuaikan kecerahan lampu laptop

Refleksi pada dinding dan layar komputer Anda juga dapat menyebabkan CVS. Sesuaikan kecerahan layar sehingga kira-kira sama dengan kecerahan di sekitar tempat kerja Anda. Pertimbangkan untuk memasang layar anti-silau pada monitor Anda.

Jika Anda masih menggunakan monitor komputer tubular (juga disebut cathode ray tube atau CRT), Anda harus menggantinya dengan liquid crystal display (LCD), seperti pada layar laptop. Layar LCD lebih aman di mata dan biasanya memiliki permukaan anti-reflektif, sedangkan layar CRT membuat CVS lebih mudah.

Juga sesuaikan kontras dalam ukuran dan warna teks untuk kenyamanan mata Anda, terutama saat membaca atau menyusun dokumen panjang. Biasanya, teks hitam dengan latar belakang putih adalah kombinasi terbaik.

Yang juga harus diperhatikan: Temperatur warna. Ini adalah istilah teknis yang digunakan untuk menggambarkan spektrum cahaya yang dipancarkan oleh layar. Mengurangi suhu warna pada layar Anda akan memberikan kenyamanan dalam menggunakan komputer Terlalu lama.

Gosip Lainnya : Mencicipi Sederet Camilan Nikmat di Jakarta Selatan

Gosip Lainnya : Makan Pare dan Mentimun Bisa Turunkan Berat Badan Drastis

4. Berkedip lebih sering

Berkedip sangat penting ketika Anda bekerja di depan komputer karena mata Anda berkedip untuk mencegah kekeringan dan iritasi mata. Menurut penelitian, orang yang bekerja pada komputer lebih jarang berkedip (sekitar sepertiga dari biasanya), ini membuat Anda berisiko mengalami mata kering. Untuk mengurangi risiko ini, cobalah berlatih: setiap 20 menit, berkedip 10 kali dengan menutup mata dengan sangat lambat.

5. Latih mata Anda

Untuk mengurangi risiko mata lelah karena Anda terus-menerus fokus pada layar komputer, Anda harus berpaling dari komputer Anda setiap 20 menit dan menatap benda yang jauh (sekitar 20 kaki atau 6 meter) selama 20 detik. Beberapa dokter spesialis mata menyebutnya “aturan 20-20-20”. Melihat jauh dapat mengendurkan otot mata, mengurangi kelelahan di mata Anda. klik tautan berikut untuk menyalin gerakan mata selama di kantor.